Ranu Regulo

Ranu Regulo


 Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ( TNBTS ) memang menjadi salah satu destinasi andalan jawa timur karena memiliki potensi keindahan alamnya yang sangat mempesona. Mulai dari gunung ,kawah,savana, dan danaunya sehingga kawasan ini menjadi destinasi wajib di kalangan traveller domestik bahkan mancanegara untuk berkunjung kesini.Berbicara soal danau cantiknya selain ranu pane dan ranu kumbolo yang terkenal terdapat satu danau lagi yang gak kalah indahnya yaitu Danau ranu Regulo.

Ranu regulo adalah tiga deretan danau cantik yang ada di kaki gunung semeru yang terletak di desa Ranu pane kecamatan senduro,lumajang. terletak di ketinggian 2100 Mdpl dengan luas 0,75 ha tepatnya di pos pertama pendakian ke gunung semeru.Danau ranu Regulo tidaklah jauh dari Ranu Pani hanya berjarak 500 meter dan jalannya sudah berupa pavingan yang sudah bagus.jadi jika sahabat tripper transit di pos ranu pani untuk mendaki ke ranu kumbolo ataupun mahameru, saya sarankan untuk mengunjungi ranu regulo yang cantik ini.

ranu regulo 2100 Mdpl
Ranu regulo merupakan salah satu danau cantik yang ada di kaki gunung semeru dengan keadaan lingkungan yang sangat alami.karena kita akan di suguhkan indahnya perbukitan hijau mengelilingi danau yang jernih ini.Udara disini sangat segar dan dingin di tambah lagi suasana di Ranu Regulo tergolong sunyi hanya kita akan mendengar suara burung liar yang merdu membuat tempat ini serasa milik pribadi.Di Danu Ranu Regulo ini terdapat pula dermaga kecil membuat tempat ini semakin eksotis. Disini kita bisa mendirikan tenda jika ingin bermalam ataupun menginap karena sudah ada homestay di pinggir danau dengan harga yang terjangkau.

dermaga kecil ranu regulo

Untuk menuju ke Ranu Regulo aksesnya sangat mudah dengan konstruksi jalan yang tergolong sudah bagus. dari kota malang arahkan kendaraan anda ke Tumpang-Gubuk klakah-Ngadas-Ranu pani sejauh 45 km dan dapat di tempuh dengan motor ataupun kendaraan pribadi.
untuk retribusi masuk masih gratis dan untuk parkir kendaraan sudah disediakan di sekitar pos ranu pani.
tempat ini sangat cocok buat camping dengan teman ataupun keluarga karena suasananya sangat nyaman ,sunyi nan asri. di tambah lagi kita bisa melihat gunung semeru yang megah beserta kaldera di sekitar kawahnya.Air bersih,udara segar adalah bayaran bagi setiap pengunjung yang datang ke Ranu Regulo.


oh ya sedikit saran , jika berkunjung ke Ranu regulo pakailah pakaian yang bisa menghangatkan tubuh seperti syal,pelindung kepala atau yang lainnya karena udara disini bisa mencapai  minus 4 sampai 25  derajat celcius, kebayang kan dinginnya gimana.
bahkan di pagi hari air di danau ini bisa mengeluarka seperti asap saat menjelang matahari terbit.
tapi dinginnya suhu yang harus kita hadapi tak sebanding dengan keindahan yang disuguhkan disini.
maka dari itu , disini di larang untuk para wisatawan untuk berenang disini terlebih lagi airnya di gunakan para pendaki untuk memasak.

gimana sobat,
meskipun kita tidak bisa menikmati ranu kumbolo yang sangat fenomenal akan keindahannya karena kita harus mendaki ,
Ranu Regulo jadikanlah alternatif jika kita berkunjung ke area TNBTS ini dengan hanya di tempuh berjalan kaki selama 10 menit kita akan di suguhkan surga kecil yang tersembunyi ini.

4 Responses to "Ranu Regulo"

  1. sepertinya ranu regulo lebih horor daripada ranu kumbolo :D, tempatnya yang sepi dan jarang dikunjungi, dulu pernah camping dan hanya rombongan kami yang ada di ranu regulo, waktu malam suasananya mistis banget, apalagi ada ibu2 yg hidup menggelandang di sekitar ranu dan sering ngomong sendiri hihihihihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah emang sepi dan sunyi bgt disini, wah emang ibu2 e itu selalu ke danau e gitu a @allina

      Delete
    2. serius mbak? bhaakkk :v jadi pikir² mau kesana wkwk

      Delete
    3. Heheh kgak usah pikir2 aneh2 @mas melo tempat e enak kog buat nenangin diri dsn 😀 asal jangan melamun ntr kesambet seng ya😂

      Delete