Banyu biru Pasuruan dengan legenda mistisnya

                                                           Banyu Biru Pasuruan
                                    dengan legenda ikan sengkaringnya  

Hallo sahabat Tripper,
Pasuruan memang terkenal akan cuacanya yang panas di karenakan letaknya di dataran rendah terlebih lagi dekat dengan laut. Nah ,solusinya adalah berkunjung ke sumber banyu biru. 
Banyu biru adalah sebuah tempat wisata kolam renang alami yang terletak di desa sumberejo kecamatan winongan kabupaten malang. Tempat wisata ini memiliki 4 kolam renang dan 2 di antaranya adalah kolam yang airnya dari sumber alam berwarna putih jernih agak kebiru - biruan akibat kedalaman air. maka dari itu tempat ini dinamakan banyu biru dan dalam bahasa jawa "banyu biru" berarti "air biru "
menurut informasi banyu biru ini adalah sebuah peninggalan majapahit terlihat dari beberapa patung yang diletakkan di suatu tempat dan di pagari. Tak hanya itu disini juga terdapat petilasan Mbah Tombro.

 sejarah banyu biru &ikan sengkaring
Dahulu terjadi pro dan kontra akibat perubahan budaya islam yang masuk ke kerajaan majapahit yang di bawa oleh para pedagang dari Arab. salah satu petinggi kerajaan Raden Patah  mulai memeluk agama islam sehingga menimbulkan perpecahan di kalangan kerajaan dan pemeluk agama hindu mulai menyingkir ke pasuruan.
lalau bekas prajurit kerajaan "Tombro dan Kebut" mulai membuka hutan untuk di jadikan pemukiman di pasuruan tepatnya di desa sumberejo. kebut memilih menjadi pembuat keris dan tombro menjadi peternak.
suatu hari Tombro yang menanti kerbaunya yang tak kunjung pulang saat mecari rumput sendiri di hutan akhirnya tombro mencarinya hingga sampai ke dalam hutan. Alhasil tombro menemukan kerbaunya berkubang di kolam lumpur lalu berusaha mengeluarkannnya. Namun terjadi hal yang tak terduga , kolam yang tadinya berupa lumpur berubah menjadi air jernih berwarna kebiru-biruan hingga dasarnya kelihatan.
Namun di jaman modern, banyu biru ini disulap menjadi alternatif wisata baru jika anda berkunjung kepasuruan karena sudah terdapat 2 kolam buatan, taman bermain dan terdapat beberapa kios yang berjualan.

banyu biru pasuruan

     Keunikan tempat ini selain airnya yang berwarna jernih  kebiruan adalah terdapat ikan Sengkaring yang jumlahnya ribuan dan panjangnya bisa mencapai 1 meter dengan diameter 30 cm.
namun meskipun jumlahnya banyak tak ada satu pun warga yang berani mengambilnya dikarenakan ikan ini dikeramatkan dan mitosnya ikan ini dahulunya adalah pengawal kerajaan Majapahit yang di kutuk.
ikan sengkaring banyu biru pasuruan
      Rute untuk mencapai ke tempat ini dari Kota Pasuruan ikuti saja arah ke Winongan dan disetiap jalan sudah ada papan petunjuk arah ke banyu biru.
berjarak sekitar 17 km dengan jalan yang lumayan bagus sehingga dapat di tempuh selama 30 menit perjalanan.bisa di capai dengan kendaraan pribadi ataupun angkot umum dengan ongkos yang sangat terjangkau.

Di hari weekend tempat ini selalu ramai oleh pengunjung, baik lokal bahkan luar  kota.
untuk retribusi masuk kita akan dikenakan biaya Rp.5000/org dan parkir kendaraan bermotor Rp.3000/motor dan Rp.5000/mobil
Dikolam utama airnya sangat jernih kebiruan karena berasal dari sumber dan kedalamannya bisa mencapai 5 meter. tapi jangn takut bagi yang tidak bisa berenang karena disini sudah disediakan ban karet yang disewakan dengan harga 7000/ban.


     Di objek wisata ini terdapat kepercayaan para warga lokal yaitu barang siapa yang mandi di sumber mata airnya akan awet muda, maka tak heran jika pemandian ini sangat ramai terlebih saat weeken atau saat libur peringatan hari besar.
Saat kita berenang akan di temani ikan - ikan sengkaring yang begitu banyaknya tapi jangan takut karena ikannya sangat jinak, kita juga bisa berinteraksi denga ikannya dengan memberi makan seperti jagung ataupun roti.
suasana di sekitar kolam sangat asri karena terdapat pepohonan besar yang usianya ratusan tahun membuat suasananya sangat nyaman dan rimbun.
banyu biru pasuruan
selain tempatnya yang tergolong asri , terdapat pula fasilitas kolam bermain anak , kolam ikan , aula untuk pameran serta fasilitas umum seperti kamar mandi dan warung penjual makanan.
Nah gimana sobat ,
ingin sensasi berenang dengan ikan - ikan besar yang unik,
yuk visit ke pasuruan cocok buat liburan kelarga yang sangat murah meriah.



0 Response to "Banyu biru Pasuruan dengan legenda mistisnya"

Post a Comment