gua luweng surga air terjun di dalam gua


 AIR TERJUN GOA LUWENG

gua luweng


     Kota blitar jika kita jelajahi di setiap sudutnya pasti kita akan menemukan hal baru yang mungkin sangat spektakuler.Selain dikenal sebagai kota pahlawan ,potensi alam kota blitar juga boleh di bilang sangat bagus , terlihat dari beberapa pantai indah yang berjajaran di sepanjang blitar selatan, air terjun yang memiliki keunikan tersendiri dan salah satunya yang kini mulai di perbincangkan akan keindahannya adalah air terjun gua luweng.

   Air terjun gua luweng adalah sebuah air terjun yang jatuh kebawah namun melewati sebuah gua hingga mengalir ke sungai.Air terjun gua luweng ini terletak di dusun prodo desa ngrejo kecamatan bakung kabupaten blitar.Air terjun ini sangat lah unik karena jarang terdapat sebuah air terjun yang terdapat di dalam gua yang memiliki luas yang tak terlalu lebar.Di dalam gua ini juga terdapat sebuah kolam alami yang terbentuk akibat air yang jatuh ke dalam gua membuat suasana gua ini semakin eksotis.
air terjun gua luweng

    Rute untuk menuju ke gua luweng ini , dari kota blitar berjarak 24 km dan dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi selama 40 menit perjalanan.Dari kota blitar langsung saja ambil ke arah kademangan lalu menuju ke kecamatan Bakung terakhir ikuti saja arah ke monumen Trisula,sekitar 1 km sebelum sampai di monumen trisula kita akan menemukan pertigaan kecil ke dusun Prodo dan disitu anda akan menemukan papan serta banner wisata Goa luweng,  lurus saja hingga kita menemukan loket masuk di sekitar pemukima warga.

     Karena tempat ini masih di kelola dengan swadaya masyarakat sekitar ,untuk retribusi masuk masih gratis hanya saja kita wajib membayar  parkir motor Rp.5000/motor.
selanjutnya kita akan melanjutkan perjalanan sekitar 300 meter menuju air terjun melewati ladang tebu serta menyebrang anak sungai 
kalau musim kemarau air di sungai ini sangat bersih dan bening.
Namun kalau musim penghujan ya bisa saja aliran air sangat keruh kecoklatan tapi meskipun begitu tidak akan menghilangkan keeksotisan gua luweng ini.
di namakan Goa luweng karena di tempat ini terdapat aliran air terjun yang jatuh ke dalam gua hingga mengalir ke bagian bawah sungai.
di tempat ini kita bisa mengunjungi beberapa spot dengan keunikan yang berbeda - beda dan sudah di bangun jalan untuk turun ke gua maupun ke air terjun di bawahnya sehingga aman jika kita akan mengeksplorenya.

mulut goaluweng
sedikit tips jika kesini pakailah sendal yang anti selip karena di dalam gua agak licin serta batunya agak tajam dan bawalah senter buat penerangan sepanjang perjalanan masuk ke gua sedalam 30 meter ini.
Puas menikmati air terjun di dalam gua kita bisa menikmati beberapa spot yang gak kalah kerennya  dil luar area gua ini.Untuk bisa mencapai di titik paling bawah supaya bisa melihat air terjun secara keseluruhan,disini sudah disediakan tali panjang yang bisa kita gunakan untuk turun melewati air terjun , tapi ini hanya bagi yang suka tantangan , namun jika ragu disisi air terjun sudah disediakan jalan setapak kecil serta beberapa pegangan dari tali tapi ingat anda harus selalu waspada karena jalan bisa saja licin.

air terjun gua luweng
Air terjun gua luweng
    Yah di karenakan kondisi masih dalam musim penghujan alhasil kondisi air yang biasanya jernih kini berubah menjadi keruh kecoklatan,namun hal ini tidak membuat panorama air terjun gua luweng ini menjadi hilang dan selalu terlihat eksotis terlebih lagi saat sang surya mulai menyinari tempat ini.
memang disasrankan untuk datang saat musim kemarau jika ingin menikmati ataupun mandi di air terjun gua luweng ini.
gimana sahabat ,
kalau di gali lagi kota blitar memenag memiliki pesona alam yang gak kalah kerennya,
yuk berkunjung ke Blitar di jamin gak akan nyesel.

2 Responses to "gua luweng surga air terjun di dalam gua"

  1. artikelnya bagus, ijin share di http://ksmtour.com ya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok gan terima kasih, follow juga ya blog nya , trims. :-)

      Delete